Selasa, 27 Mei 2014

Mengatasi Font Kotak-Kotak pada CorelDRAW (X6)


Kejadian menjengkelkan ini saya alami ketika sedang mengetik arab di CorelDRAW X6. Waktu font-nya saya ganti dengan Diwani, Madinah, Naskhi, dan semacamnya, ternyata font-nya jadi kotak-kotak. Saya sempat frustasi, karena setelah saya coba di MS Word dan Photoshop font-nya baik-baik saja. Namun, saya tak putus asa. Saya coba search di internet, eh ternyata ada troubleshootnya. Begini caranya:
1. Buka link berikut: http://www.corel.com/corel/pages/index.jsp?pgid=800161&ppid=5000008.
2. Download yang Update 1 (6.1). Untuk update versi lainnya, baca dulu keterangannya apa aja yang diupdate.
3. Jangan lupa untuk login dulu ke corel. Kalau belum punya akunnya daftar dulu. Gratis kok...
4. Kalau dah didownload tinggal diinstall aja.
5. Oh iya, installnya harus pake internet. Kalau pake proxy tinggal atur aja proxy di Internet Explorernya, kalau nggak ya kosongin proxy IE-nya.
6. Pas install, pasti diminta login lagi ke corel. Tinggal masukkan saja username dan passwordmu.
7. Tada... No more boxes. Tapi punya saya nama fontnya tetep gak kelihatan. Tapi gak apa-apa lah, yang penting font-nya sudah tidak kotak-kotak lagi.

Ada komentar, kritik, saran, atau request?