Rabu, 05 Desember 2012

Mengecek Ejaan Bahasa Indonesia di Microsoft Word


Dalam Microsoft word ada fungsi check spelling and grammar. Dalam bahasa Indonesia artinya cek ejaan dan tata bahasa. Dengan hanya menekan tombol F7 di keyboard maka secara otomatis komputer akan mengecek ejaan dan tata bahasa tulisan kita di Microsoft Word. Akan tetapi, fungsi ini hanya berlaku untuk bahasa Inggris. Lantas, bagaimana dengan bahasa Indonesia?
Eit, santai... untuk mengecek ejaan bahasa Indonesia di Microsoft Word yang teman-teman butuhkan adalah menginstal LIP (Language Interface Pack). Plugin ini dapat diunduh di situs Microsoft.  Cara memakainya teman-teman harus instal dulu software tersebut. Setelah itu, teman-teman harus mengatur keyboard teman-teman agar berbahasa Indonesia. Bagaimana caranya?
Pertama, teman-teman lihat di taskbar di samping jam. Di situ ada tulisan ENG. Klik dan pilih IND. Nah, setelah itu baru teman-teman bisa mulai mengetik. Jika tidak ada tulisan tersebut, lantas bagaimana? Jangan khawatir. Teman-teman bisa lanjutkan saja mengetiknya. Setelah selesai mengetik semuanya teman-teman tinggal pencet ctrl+A (blok semua tulisan). Setelah itu teman-teman lihat di bawah Microsoft Word ada tulisan English (U.S), klik lalu pilih Indonesian. Lalu klik set as default kalau mau dijadikan defaultnya bahasa Indonesia, klik OK. Baru tekan F7.

2 komentar

Terima kasih :D Artikel yang bermanfaat

Terimakasih, sangat sangat membantu :')

Ada komentar, kritik, saran, atau request?