Minggu, 28 April 2013

Menghapus Folder Membandel pada Windows 8


Dalam direktori windows selalu ada folder yang tidak bisa dihapus, bahkan ada yang tidak bisa diakses sama sekali. Folder tersebut biasanya berupa folder system yang berisi file-file penting yang dibutuhkan oleh windows. Jika ada file yang terhapus, maka sistem bisa saja tidak berjalan dengan baik. Bahkan saya dulu sering sekali menginstal ulang komputer gara-gara menghapus file-file sistem tersebut tanpa tahu fungsi dari file-file tersebut.
Folder sistem yang tidak bisa diakses atau dihapus sebenarnya dapat kita hapus dengan cukup mudah tanpa perlu menggunakan software seperti unlocker atau lainnya. Biasanya folder seperti itu tidak bisa diakses atau dihapus karena kita tidak mempunyai hak penuh terhadap folder tersebut. Nah, bagaimana caranya agar kita dapat mengakses atau menghapus folder terlarang itu?
Pertama, klik kanan folder yang akan diakses atau dihapus. Klik properties. Klik tab security. Klik advanced. Pada tab permissions klik add, jika belum ada tulisan add, klik dulu continue. Klik select a principal. Ketikkan everyone, lalu klik OK. Klik full control, OK. Centang pada tulisan replace all child object dst.  Lakukan hal yang sama pada tab auditing. Lalu klik OK. Nah, sekarang kita sudah bisa mengakses dan menghapus folder tersebut. Cara ini juga terkadang bisa digunakan untuk membuka folder-folder yang diproteksi oleh software tertentu, selama software tersebut tidak memproteksinya lewat registry.

Ada komentar, kritik, saran, atau request?