Minggu, 31 Mei 2015

Cara menyimpan huruf Arab di MySQL

   Sebelumnya saya sangat bingung bagaimana caranya menyimpan huruf arab ke mysql. Jika input dilakukan dari phpmyadmin, maka ketika di browser huruf arab akan berubah menjadi tanda tanya. Jika input dilakukan dari browser, maka di phpmyadmin huruf arab akan menjadi simbol-simbol tidak jelas seperti محمد فهم الهدى. Simbol-simbol ini masih terlihat sebagai huruf arab ketika ditampilkan kembali ke browser. Tapi jika diekspor dari phpmyadmin huruf arab tersebut berupa simbol-simbol tak jelas. Nah, setelah sedikit searching akhirnya saya menemukan sebuah tulisan yang susah dibaca (karena font-nya warna-warni) namun berisi solusi yang saya butuhkan.

   Solusinya sangat simpel, yaitu dengan menambahkan fungsi berikut setelah melakukan koneksi ke database:

mysql_set_charset('utf8');

Fungsi tersebut diltakkan sebelum kita memilih database dari server. Karena saya menggunakan fungsi OpenDb() untuk tersambung ke server, maka fungsi di atas saya masukkan ke dalam bagian akhir fungsi OpenDb(). Alhamdulillah, problem solved.

1 komentar:

Terima kasih, sangat bermanfaat untuk saya yang sedang membuat website untuk keperluan syiar islami, terima kasih sangat :)

Ada komentar, kritik, saran, atau request?