Rabu, 29 Mei 2013

Tips Update Windows dari Proxy ITS

    Wifi di kampus Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya memang tak diragukan lagi kecepatannya dibandingkan modem apapun. Namun, kita sering kali menemui masalah saat menikmati internet di kampus ini, ya, masalah proksi (proxy). Proxy ITS (proxy.its.ac.id) memang tak ada masalah saat digunakan untuk internetan dengan chrome, firefox, Opera, Safari, atau IE. Sebab, software-software tersebut dilengkapi dengan fitur untuk mengatur proxy secara manual. Nah, bagaimana dengan software-software yang tidak dilengkapi fitur pengaturan proxy?

    Sebut saja Windows Update. Pernahkah kita mengupdate windows dengan koneksi wifi di kampus ITS? Barangkali hanya segelintir orang saja yang pernah (termasuk saya). Mungkin kita berpikir 'ah, windowsnya kan palsu ya jelas gak bisa diupdate!'. Eit, jangan salah, windows 8 saya juga hasil download tapi nyatanya bisa saya update secara rutin. Gimana caranya?
    Pertama setting dulu proxy di internet explorer (IE) seperti biasa. Kalau gak tahu, buka aja IE, klik tools-internet options-connections-LAN settings-use a proxy server-isikan proxy.its.ac.id di address dan 8080 di port. Habis itu buka windows update (bisa lewat control panel), klik check for updates, nah biasanya akan muncul jendela autentikasi proxy, isikan saja email ITS kita sama passwordnya, OK, dan tunggu sampai muncul tulisan install updates. Klik install updates dan tinggal tunggu aja deh updatenya berhasil.
    Kalau cara di atas gagal, mungkin harus buka command prompt dulu. Caranya tekan tombol windows di keyboard, ketik cmd, nah klik kanan tuh program command prompt (cmd) terus klik run as administrator. Terus ketikkan netsh winhttp proxy import proxy source=ie terus tekan enter. Baru setelah itu jalankan lagi windows updatenya. Kalau masih gagal berarti nasib Anda masih belum beruntung. Nih buktinya


4 komentar

buat game online bisa kgak??

Kalau game online sepertinya gak bisa... Kecuali game-nya menyediakan pengaturan proxy tersendiri.

kalau di windows 10 gmn caranya ya mas? makasih

Ada komentar, kritik, saran, atau request?